Kamis, 01 September 2016

BULUNGAN, KALIMANTAN UTARA



Provinsi Kalimantan Utara yang biasa disingkat Kaltara adalah provinsi termuda di Indonesia. Diresmikan pada 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012. Kaltara merupakan pemekaran dari provinsi Kalimantan Timur. Kaltara beribukota Bulungan dengan gubernur H. Irianto Lambrie dan wakil gubernur H. Udin Hianggio. Kaltara berbatasan langsung dengan Negara tetangga yaitu Malaysia. Kaltara memiliki 1 kota yaitu Tarakan dan memiliki 5 kabupaten yaitu Tana Tidung, Nunukan, Malinau, dan Bulungan.


Di Bulungan terkenal dengan suku Dayak, Bulungan, dan Tidung. Rumah adat kaltara yaitu Rumah Baloy. Rumah ini di buka bagi pengunjung tepatnya di kota Tarakan. Tarian daerah kaltara yaitu tari jepen yang berasal dari suku tidung. Di kaltara terkenal dengan budaya Birau atau Irau. Event ini dilakukan setiap 2 tahun sekali yang dilaksanakan setiap 12 Oktober. Pesta akbar ini dianggap sebagai pesta syukur dan kegembiraan bagi masyarakat Bulungan yang terdiri dari berbagai suku.


Makanan khas Kaltara berbeda beda disetiap daerah, contoh di Tarakan. Karena Tarakan di kelilingi oleh laut, Tarakan terkenal dengan makanan khas yaitu kepiting soka. Makanan khas lainnya juga yaitu kapah. Di Bulungan terkenal dengan makanan lawa, yaitu lawa gamai dan lawa mentimun. Lawa adalah tudai. Kalian bias menemukan makanan ini di warung seantero tanjung selor. Tana Tidung terkenal dengan makanan nasi subut yang berwarna ungu. Nunukan terkenal dengan dodol cempedak yang manis dan harum. Sedangkan di Malinau terkenal dengan nasi udang.











1 komentar: